Kamis, 24 Februari 2011

Pengertian Sosiologi


Sosiologi merupakan sebuah istilah yang berasal dari kata latin socius yang artinya teman, dan logos dari kata Yunani yang berarti cerita, diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul “Cours De Philosophie Positive” karangan Auguste Comte (1798-1857). Sosiologi muncul sejak ratusan, bahkan ribuan tahun yang lalu. Namun sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat baru lahir kemudian di Eropa Secara etimologis. Sosiologi berarti ilmu tentang berteman atau ilmu tentang bermasyarakat                                             Sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat masyarakat, perilaku masyarakat, dan perkembangan masyarakat. Sosiologi merupakan cabang Ilmu Sosial yang mempelajari masyarakat dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia. Sebagai cabang Ilmu, Sosiologi dicetuskan pertama kali oleh ilmuwan Perancis, Auguste Comte. Comte kemudian dikenal sebagai Bapak Sosiologi. Namun demikian, sejarah mencatat bahwa Émile Durkheim — ilmuwan sosial Perancis — yang kemudian berhasil melembagakan Sosiologi sebagai disiplin akademis. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.

Berikut ini marilah kita pelajari tentang difinisi-difinisi Sosiologi menurut para ahli sesuai dengan pandangan masing-masing (Soerjono Soekamto. 2001 : 20)
1). Pitirim A Sorokin : 
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik berbagai gejala sosial (misalnya, antara gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral,hukum dengan ekonomi , dan sebagainya) dan antara gejala-gejala soaial dengan gejala-gejala non sosial (misalnya, gejala geografis dengan gejala biologis, dan sebagainya)
2). William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang meneliti tentang interaksi sosial dan organisasi sosial
3). Prof. DR. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang struktur dan proses sosial termasuk perubahan sosial.
4). Roucek dan Warren
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajarai individu dengan kelompoknya
5). Peter L. Berger
Sosiologi adalah studi ilmiah tentang hubungan individu dengan masyarakatnya
6). J.A.A.Van Doorn dan Lammars
    Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses proses     kemasyarakatan  yang bersifat stabil.
7). Auguste Comte
    Sosiologi adalah ilmu positif tentang masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar