Kamis, 24 Februari 2011

Konsep Sosiologi Sebagai Metode

Sosiologi sebagai metode adalah cara berpikir untuk mengungkapkan relaitas sosial yang ada dalam masyarakat dengan prosedur dan teori yang dapat dipertanggung jawabkan sebara ilmiah (Ilmu pengetahuan). Karena salah satu ciri ilmu pengetahuan adalah mengembangkan metode ilmiah.
            Metode ilmiah yang biasanya dipergunakan dalam Sosiologi adalah sebagai berikut:
1). Metode Kualitatif
            Metode kualitatif terdiri atas tiga jenis yaitu :
     a) .Metode histori adalah metode yang dipergunakan untuk menganalisis peristiwa- peristiwa yang terjadi pada masa silam.
          Contoh : untuk mengetahui dampak revolusi industri atau revolusi Perancis, kita  harus mempergunakan metode histori untuk mendapatkan bahan sejarah.  
     b). Metode komparatif adalah metode yang mempergunakan perbedaan dan persamaan beserta sebab akibatnya dengan tujuan untuk mendapatkan data mengenai keadaan masyarakat masa silam dan masa sekarang. Misalnya masyarakat tradisional dengan masyarakat modern.
     c). Metode studi kasus adalah metode yang bertujuan untuk mempelajari sedalam- dalamnya gejala atau kejadian nyata yang terjadi dalam masyarakat. Misalnya maraknya tawuran antar desa dan antar suku di Indonesia.
2). Metode kuantitatif
            Metode kuantitatif ini ada dua macam yaitu :
      a).  Metode Statistik  adalah metode yang bertujuan untuk menelaah gejala-gejala  sosial  dengan  perhitungan matematis atau dengan angka-angka. Misalnya : jumlah   penduduk di Indonesia meningkat 2% pertahun
      b). Metode Sosiometri adalah metode yang bertujuan untuk meneliti dan menggambarkan hubungan-hubungan antar manusia dalam kehidupan masyarakat secara kuantitatif dengan angka. Misalnya angka pengangguran meningkat tajam pada massa krisis ekonomi global digambarkan dalam sebuah grafik.
3). Metode induktif dan deduktif
      a). Metode induktif adalah metode yang dipergunakan untuk merumuskan suatu proses yang dimulai dari kaidah-kaidah yang berlaku secara khusus untuk kemudian dipelajari  dalam keadaan umum. Misal: Dita kelas X A nilainya bagus, Amir dan beberapa temannya nilainya bagus. Siswa kelas X A nilainya bagus-bagus.
      b). Metode deduktif adalah metode yang menggunakan suatu proses yang dimulai dari kaidah-kaidah umum untuk kemudian dipelajari dalam keadaan khusus atau bagian-bagian. Misal :Lagu-lagu Pop di Indonesia sangat populer di Malaysia. Termasuk lagunya Piterpan, Ungu, Nidji, D-Masiv, Ahmad Dani, Padi dll semuanya bagus.
4). Metode empiris dan rasionalistis
      a). Metode empiris adalah metode yang menyadarkan diri pada keadaan atau pengalaman nyata yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, yang diwujudkan melalui penelitian. Jumlah kendaraan baik motor maupun mobil. Jumlahnya meningkat, terlihat semakin padatnya lalu lintas di jalan raya.
      b). Metode rasional adalah metode yang mengutamakan logika atau rasio untuk memahami masalah-masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Misal Bencana banjir yang melanda di Indonesia disebabkan hutan lindung dibabat habis oleh illegal loging.
5). Metode fungsional
Metode fungsional adalah metode yang bertujuan untuk meneliti sesuatu dari segi fungsi  atau  tujuannya dan hubungan balik yang saling mempengaruhi. Misalnya meneliti fungsi daun jambu berfungsi untuk obat sakit diare.
6). Metode  Survey Lapangan (Observasi)
      Metode ini digunakan untuk memperoleh data yang ada pada kehidupan   masyarakat  secara langsung. Data dapat diperoleh  melalui angket, wawancara atau observasi secara  langsung. Misalnya penelitian tentang adat istiadat suku Dayak di Kalimantan
7). Metode Partisipasi
      Metode ini digunakan untuk mengadakan penelitian mendalam tentang kehidupan kelompok dengan cara berbaur dengan kehidupan kelompok sambil melakukan pengamatan secara langsung melalui cara  penyamaran. Misalnya :Penelitian tentang kehidupan pemulung dengan menyamar menjadi pemulung.

3 komentar: